Thursday, October 4, 2012

Nasi Kapau Sabana Bana

Siang tadi kita berencana makan di soto Mentjos, tapi entah kenapa tiba-tiba berubah rencana, "yuk kita makan di Kapau aja, Senen", Arif merubah rencana." Hayuk lah " kami mengiyakan. Sebelumnya beberapa temen pernah ke Kapau, kalo saya belum pernah, nah nggak ada salahnya dicoba. Lokasinya tepat dibawah layang Senen, jalan Kramat Raya, tepatnya di dekat tikungan (pokoknya banyak mobil parkir, berhenti situ aja), karena ada beberapa rumah makan Kapau disitu, tinggal pilih. Kita pilih Sabana Bana asli Bukittinggi.


Ada 4 orang sudah duduk di meja menikmati. Tempatnya lumayan bersih, meski nggak ber AC macam di Natrabu dan Garuda, tapi lumayan nyaman. Menu disajikan berderet susun di depan menggoda selera. Tidak seperti kebanyakan rumah makan padang lainnya, masakan ditaruh di dalam kaca "akuarium" :), tapi di Kapau ini disajikan mirip masakan Nasi Jamblang di Cirebon. Disusun rapih menggoda selera. Ada pete digantung, ayam bakar juga bergantungan...bener-bener menghipnotis kita untuk memakan semuanya. Oke, dari suasana dan penampilan sangat menjanjikan, kita mulai antri untuk pesan (oya, di sini modelnya nggak disajikan di meja makan seperti di Natrabu atau Garuda)


Yak, pilihan saya jatuh ke telor Dadar plus ikan Bilih, sayur singkong, nangka muda dan sambel Ijo standard rumah makan Padang, dah itu aja, inget berat badan...hehehe. Temen-temen pada pesen Dendeng Basah, katanya menu yang paling terkenal di sini. Lauknya banyak macamnya, ada Jeroan masak santan, Ayam, Rendang, Ikan Mujair, Belut Goreng....meriah deh. Hmmm....dari aromanya saya yakin ini pasti enak. Sepertinya berani bumbu. Hmmm....bener, emang anak..., bumbunya lebih terasa. Ya...ya..., bener rempahnya terasa jadi nggak eneg. Oiya ikan bilihnya itu dibungkusin kecil-kecil dalam plastik. Nggak tau alasannya kenapa, atau mungkin biar sesua takaran ya, masuk dalam hitungan modalnya :-). Gurih banget ikan bilihnya. Kalo dadarnya sih standard, kalo bumbunya enak, pasti rasanya juga ikut enak. Dan ini bener-bener bumbunya terasa banget. Sangat rekomended !
 

Nggak sampe 15 menit, dah bersih tuh piring, sampai jilatan terakhir hehehe. Dari sisi harga...hmmm, termasuk wajarlah. nggak terlalu mahal. Kita berempat tadi abis, mmm...nggak nyampe Rp. 100.000 deh sepertinya. Nah, selesai makan, di depan juga ada yang jual Lemang, Tape dan jajanan Minang lainnya. Kita putuskan beli Lemang dan Tape Ketan, harganya sebenernya Rp. 20.0000 1 paket, tapi yang jual di depan Sabana ini 25 ribu, ya sudahlah. Isinya 1 lemang dan 1 plastik tape. Soal rasa ?...hmmm, bener enak, cuma tapenya masi kalah ama buatanya Ibu saya :).\

 

Okeh, cukup sekian reportase dari Rumah Makan Padang Kapai Sabana. Ikuti terus jalan-jalan makan kita :-)

No comments:

Post a Comment